$show=search-label$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

Inilah Spesies Kutu Kayu yang jarang diketahui, no 13 berukuran besar

Kutu adalah hewan kecil yang hidup dengan cara mencari makanan dengan menempel ditubuh korbannya (Parasit). Pada dasarnya kutu banyak terdap...

Kutu adalah hewan kecil yang hidup dengan cara mencari makanan dengan menempel ditubuh korbannya (Parasit). Pada dasarnya kutu banyak terdapat pada tubuh hewan-hewan maupun manusia. Kutu bisa menempel pada manusia karena kurang menjaga kebersihan ataupun sering bermain ditempat yang kurang bersih. jadi kutu dengan mudah menempel pada manusia.

Pembahasan kali ini tidak akan membahas kutu parasit melainkan kutu yang dijadikan makanan bagi katak amphibi dan reptil peliharaan manusia. Oleh manusia kutu ini dikultur supaya banyak untuk makanan binatang peliharaan tetap ada. Kutu ini ialah kutu kayu Porcellio dilatatus, Porcellio scaber, Porcellio laevis dan masih banyak lagi. Mereka adalah kutu kayu yang biasanya memakan daun kering, serat kayu dan mikroba kecil. Kutu kayu biasanya hidup dibatang kayu dan dibawah bebatuan.

1. Philoscia Muscorum

Philoscia Muscorum (Source : R.E. Jones)
Kutu Philoscia Muscorum termasuk dalam kutu kayu yang bergerak cepat, memiliki warna kecoklatan bergaris pada tubuhnya. Kutu ini juga mirip dengan Androniscus dentiger karena terdapat beberapa spesies berwarna oranye.

Mereka biasanya ditemukan di dataran rendah wales dan inggris. Biasanya mereka sering ditemui melimpah di rerumputan, lembah-lembah sungai, dan juga dibawah bebatuan, kayu mati dan daun kering. 

2. Porcellio Scaber

Porcellio Scaber  (Source : chassimages.com)
Porcellio Scaber, kutu ini mempunyai sebutan rough woodlouse karena termasuk kutu kayu kasar, ukuran kutu ini hanya 0,79 inchi dan tersebar di Eropa Tengah dan Barat. 

Kutu ini biasanya ditemukan dalam kelompok besar di berbagai wilayah seperti wilayah Australia, Bagi predator seperti kodok, laba-laba, burung dan kelabang yang hidup diwilayah tersebut menjadi santapan lezat bagi mereka. Kutu ini hidup ditempat yang lembab dan biasanya ditempat yang gelap untuk menghidari predator mangsanya.

Makanan kutu ini adalah daun-daun yang sudah membusuk, bakteri dan jamur yang menyebabkan pembusukan.

3. Porcellio Laevis

Porcellio Laevis (Source : reptilecentre.com)
Berbeda dengan kerabat dekatnya Porcellio Scaber, Kutu ini justru mendapat banyak sebutan di negara australia yaitu dairy cow isopod, swift woodlouse dan smooth slater. Kutu ini diperkenalkan dinegara australia tepatnya di Pulau Lord Howe dan Pulau Norfolk.

Ketika terganggu kutu ini biasanya akan mengali sarangnya dengan sangat cepat, mereka biasanya ditemukan di bebatuan dan dibawah pohon. Kadang terlalu susah untuk menemukan mereka.

Seperti julukan spesies laevis serta nama vernakular "sarang kayu cepat", spesies ini mampu menghasilkan kecepatan yang cepat ketika diprovokasi. Ini terjadi di bawah bebatuan dan batang kayu yang jatuh di daerah lembab, dan sebaliknya jarang ditemui.

Kutu ini merupakan camilan lezat bagi katak loh.

4. Adroniscus Dentiger

Adroniscus Dentiger (Source : mindenpictures.com)
Adroniscus Dentiger merupakan kutu kayu terkecil karena hanya memiliki panjang 6mm dan mempunyai warna badan merah oren.

Beberapa tempat seperti dikepulauan inggris, kutu ini tersebar di beberapa tempat seperti taman, pantai, goa dan tambang tua. Beberapa kasus juga pernah melaporkan bahwa kutu ini juga muncul di gereja-gereja sehingga salahsatu umat mengunakan mortir untuk memukul kutu ini.

di daerah selatan, Kelompok kutu ini lebih senang tinggal di goa-goa sedangkan di Amerika utara kutu ini malah muncul di rumah kaca.

5. Agabiformius Lentus

Agabiformius Lentus (Source : Steve Gregory)
Kutu ini memiliki kemiripan dengan kutu kayu Adroniscus Dentiger, yang membedakan adalah warna pada tubuh mereka. Tubuhnya berwarna kuning dengan bagian dalam bercak kehitaman.

Ukuran tubuh nya hanya mencapai 6mm dan termasuk dalam keluarga Porcellionidae. Hewan ini menjadi hama bagi rumah kaca di inggris, beberapa kasus terjadi di Proyek Eden,Cornwall dimana terkumpulkan 3 spesies jenis kutu ini.

Mereka berasal dari pantai Mediterania dan sudah dikenal luas diberbagai negara didunia
[next]
6. Porcellio Spinicornis

Porcellio Spinicornis (Source : J.P. Richards)
Berbeda dengan kerabatnya, Kutu ini mempunyai warna lebih gelap disertai dengan bintik-bintik kuning diatas pungggungnya. Ukuran dewasa mereka mencapai 12mm. Kutu ini biasanya ditemukan di Irlandia dan seluruh wilayah Inggris.

Mereka biasanya muncul di area tambang, tebing, trotoar, batu kapur, dan pohon seperti Apple Malus atau Lime Tilia. Kadang ada beberapa dari mereka juga ditemukan dilingkungan manusia karena kutu ini suka sekali berkeliaraan kemana-mana pada malam hari nya.

7. Lucasius Pallidus

Lucasius Pallidus (Source : Mark Telfer)
Spesies kutu ini ditemukan di Eropa selatan dan juga diketahui pernah muncul di proyek eden Cornwall pada tahun 2010. Biasanya mereka hidup di alam liar.

Lucasius Pallidus mempunyai warna kecoklatan, pada jantannya memiliki karakteristik yang sangat khas. Mereka sekilas mempunyai persamaan pigmentasi yang buruk pada Porcellio scaber atau Oniscus asellus.

8. Oniscus asellus / asellus Linnaeus

Oniscus asellus (Source : Warren Maguire)
Penampilan kutu ini sedikit lebih besar dari Porcellio Spinicornis. Ukuran mereka mencapai panjang  18 mm. Ketika dewasa bagian tubuh mereka akan meluas dengan punggung yang halus, berbeda untuk yang masih kecil memiliki textur yang lebih kasar.

Habitat mereka adalah hutan, pagar tanaman, tebing pantai, padang rumput basah, tanah limbah, kebun dan taman. Mereka hidup ditempat yang lembab dan basah. Mereka biasanya ditemukan di Irlandi dan seluruh wilayah inggris.

9. Acaeroplastes Melanurus

Acaeroplastes Melanurus (Source : Roy Anderson)
Kutu ini berasal dari Irlandia, pertama kali diketahui setelah dilakukan pengamatan pada tahun 1909 dan 1934 dari tebing laut sepanjang 1 kilometer di Co. Dublin, Irlandia.

Tubuh mereka hanya mempunyai panjang  5-6 mm dengan bentuk yang agak sempit. Mempunyai warna tubuh berbintik kuning-coklat dan abu-abu-coklat. kalau dilihat dengan mata telanjang, mereka terlihat sangat kasar.

10. Porcellionides Cingendus

Porcellionides Cingendus (Source : J.P. Richards)
Mereka termasuk dalam kutu yang bergerak sangat cepat, mirip dengan kutu Porcellio Laevis. Tubuh mereka mempunyai warna merah, kuning dan coklat. Panjang tubuh mereka mencapai 9 mm.

Mereka ditemukan di Irlandia, Habitat mereka biasanya di hutan terbuka, kebun, tanah limbah, padang rumput kasar, pagar tanaman, dll. Biasanya juga ditemukan dibawah batu, rerumputan, dan kayu-kayu yang sudah mati.
[next]
11. Porcellionides Pruinosus

Porcellionides Pruinosus (Source : J.P. Richards)
Kutu kayu ini ditemukan luas di wilayah Irlandia dan Inggris. memiliki panjang tubuh sampai 12mm, Ukuran ini lebih besar dari Porcellionides Cingendus. Mereka juga merupakan kutu yang bergerak cepat dan berwarna cokelat keunguan.

Biasanya mereka ditemukan ladang, peternakan hewan dan bahkan ditumpukan kotoran hewan.

12. Porcellionides Sexfasciatus

Porcellionides Sexfasciatus (Source : Keith Lugg)
Kutu ini berasal dari Mediterania barat, mereka biasanya ditemukan didaerah pantai dan tempat disekitarnya. Mereka termasuk kutu yang bergerak dengan cepat, Memiliki warna abu-abu yang khas.

Spesies ini diketahui diproyek eden, cornwall. Memiliki garis locatan dan untuk bertinanya memiliki garis punggung yang memanjang.

13. Porcellio Dilatatus

Porcellio Dilatatus (Source : undergroundreptiles.com)
Kutu ini merupakan salahsatu jenis kutu kayu terbesar yang dikenal dengan nama "the Giant canyon isopod". Spesies kutu ini sudah tersebar di Eropa dan sudah diperkenalkan ke negara Amerika Utara dari Eropa Barat. 

Kutu ini termasuk dalam keluarga Porcellionidae, memiliki panjang dewasa hingga 1 inchi dan warna badan coklat bergaris. Di alam liar kutu ini biasanya ditemukan memakan daun alder, makanan organik seperti selada, hingga garam logam anorganik.

food Porcellio dilatatus (Source : cloudforest.design/products/porcellio-dilatatus-isopod-label)
Kutu ini juga menjadi favorit makanan bagi katak, reptil dan intervebrata.

14. Anchiphiloscia Pilosa

Anchiphiloscia Pilosa (Source : Mark Telfer)
Kutu kayu ini belum ada data yang merinci secara pasti untuk detailnya. Mereka  mempunyai bentuk ukuran yang kecil dan berwarna gelap oranye kehitaman. Spesies ini ditemukan di rumah kupu-kupu dikebun binatang inggris Whipsnade Zoo.

15. Pseudotyphloscia cf alba

Pseudotyphloscia cf alba (Source : Keith Lugg)
Kutu ini merupakan spesies kutu kayu yang kecil, mempunyai warna tubuh transparant oranye dengan antena panjang yang mencolok.

Mereka pertama kali ditemukan di proyek Eden di Cornwall pada tahun 2004 dan ditemukan dalam jumlah yang banyak ditahun 2010.

Populasi mereka juga mencakup daerah Cina Selatan, Taiwan, Filipina, dan Indonesia.

Populasi kutu saat ini sudah menyeluruh diseluruh dunia. Dari berbagai jenis spesies tersebar, ada beberapa kutu yang memang digunakan untuk makanan hewan eksotik dan ada juga beberapa memang memiliki habitat asli berbaur dengan lingkungan manusia.

Diindonesia yang terdapat beberapa pantai indahnya maupun pantai yang digunakan sebagai tempat wisata juga kadang bisa bertemu dengan hewan kecil ini. Mereka sering menempel di kayu-kayu, dibebatuan dan sering belarian jika didekati. Apakah anda cukup berani untuk memegang hewan ini, Pasti dari kalian sebagian takut, begitu juga dengan saya. Jangan lupa untuk dishare dan beritahukan teman-teman anda sekitarnya.

COMMENTS

BLOGGER: 1

Pilihan Pembaca$show=search$type=blogging$source=random$cate=2$count=3

Name

Animal,33,Humor,1,Nature,5,On Viral,11,Photography,8,Quotes,1,Top Popular,21,
ltr
item
Rumus hidup: Inilah Spesies Kutu Kayu yang jarang diketahui, no 13 berukuran besar
Inilah Spesies Kutu Kayu yang jarang diketahui, no 13 berukuran besar
https://1.bp.blogspot.com/-LL245s3RtDY/Xrd8OkM7nzI/AAAAAAAAAiI/sA6jmvW4RHsk95c6CyyqoONStfWVPu9MQCLcBGAsYHQ/s1600/Adroniscus-Dentiger-3-www.rumushidup.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LL245s3RtDY/Xrd8OkM7nzI/AAAAAAAAAiI/sA6jmvW4RHsk95c6CyyqoONStfWVPu9MQCLcBGAsYHQ/s72-c/Adroniscus-Dentiger-3-www.rumushidup.com.jpg
Rumus hidup
https://www.rumushidup.com/2020/05/inilah-spesies-kutu-kayu-yang-jarang.html
https://www.rumushidup.com/
https://www.rumushidup.com/
https://www.rumushidup.com/2020/05/inilah-spesies-kutu-kayu-yang-jarang.html
true
7118103491461028884
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy