$show=search-label$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

Berbahaya!!! Beberapa Sebab Bagian Tanaman dan Bunga Hias ini harus dihindari

Ketika kita berjalan ditaman dan menikmati keindahan alam, bunga adalah tanaman yang cantik dan enak dilihat. Tanaman yang sering digunakan ...

Ketika kita berjalan ditaman dan menikmati keindahan alam, bunga adalah tanaman yang cantik dan enak dilihat. Tanaman yang sering digunakan manusia sebagai tanaman hias untuk menghias rumahnya. Ada banyak sekali jenis bunga-bunga hias dari warnanya biasa aja hingga warna yang memukau mata kita.

Jika kita menelusuri hutan atau bepergian setidaknya lebih berhati-hati terhadap tanaman liar yang tumbuh disekitarnya. Tanaman yang kurang kita ketahui inilah yang kadang bisa berbahaya. Setidaknya dari penelusuran saya ada beberapa tanaman liar cantik namun sangat berbahaya untuk manusia.

Berikut penelusuran saya :

1. Dieffenbachia

Dieffenbachia (Source : moscarillos.com)
Tanaman ini adalah tanaman hias yang populer ditanam diperkarangan rumah, Tanaman ini sering dikenal dengan sebutan daun bahagia atau bunga bahagia karena pada warna daun terhadap bercak-bercak kuning muda.

Yang menjadi pertanyaan kita mengapa bisa berbahaya? Sebenarnya yang berbahaya adalah getah pada daun dan batangnya mengandung kalsium oksalat yang menyebabkan gatal-gatal pada bibir dan lidah serta kejang-kejang.

Ada baiknya jika tanaman hias ini dihindari dulu jika dirumah anda terdapat anak kecil yang belum mengerti akan bahaya tanaman ini.

2. Bunga Azalea

Bunga Azalea (Source : pxhere.com/en/photographer/2414905)
Jangan tertipu dengan penampilan bunga azalea yang cantiknya ini. Hampir semua bagian dari tanaman ini mengandung racun, Jika tidak sengaja terkonsumsi baik itu bagian batang, daun maupun bunganya akan mengalami sesak napas, kelumpuhan hingga kematian.

Cantik dan beracun itulah ungkapan tepat untuk tanaman ini. Oleh karena itu harus waspada ya teman-teman.

3. White snakeroot (Ageratina altissima)

White snakeroot  (Source : Saara Nafici)
Tanaman ini biasanya tumbuh dialam liar dan biasanya hewan ternak seperti sapi dan kambing memakan tanaman ini. White snakeroot mengandung racun tremetol dan bisa menyebabkan muntah, gemetaran dan penurunan kesadaran.

Racun ini biasanya dibawa oleh hewan ternak ke tubuh manusia jika mengonsumsi daging/susu hewan ternak tersebut.

4. Bunga Kecubung

Bunga Kecubung  (Source : pinterest)
Bunga ini sering dikenal dengan nama bunga terompet/Angel Trumpet. Bunga ini tampil cantik seperti terompet yang menjuntai kebawah dan memiliki beberapa warna seperti putih, kuning, biru hingga putih pink. Bunga Kecubung tergolong berbahaya karena sebagai salau satu bunga narkotika.

Racunnya dapat mengakibatkan orang berhalusinasi hingga kehilangan kesadaran. Karena Bunga kecung mengandung zat hallucinogen, senyawa hyoscyamine, atropine dan scopolamine.

5. Moonseed

Menispermum canadense  (Source : wikipedia)
Tanaman ini memiliki buah yang unik seperti anggur liar. Kerap disamakan dengan anggur liar karena musim berbuahnya juga sama yaitu pada bulan september dan oktober.

Beberapa cara dilakukan untuk membedakannya dengan anggur liar yaitu pada moon seed akan menemukan biji seperti bulan sabit sedang anggur liar memiliki biji bulat penuh.

Alkaloid dauricine adalah zat yang terdapat pada buah moonseed yang bisa berakibat fatal jika terkonsumsi.
[next]
6. Bunga Wisteria

Bunga Wisteria (Source : almanac.com)
Jika anda pernah menikmati film Avatar, Anda pasti ingat dengan pohon tinggi dengan bunga biru menjuntai kebawah. Bunga inilah yang dibelakang layar film tersebut.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga 150 tahun, merupakan tumbuhan yang berbentuk pohon besar. Walaupun cantik, bunga ini jangan sampai tertelan karena dapat mengakibatkan diare, mual, muntah dan keracunan.

7. Tanaman Jarak

Tanaman Jarak/Ricinus communis (Source : lucidcentral.org)
Tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi orang indonesia, karena biasanya digunakan sebagai obat tradisional. Tetapi ada yang berbahaya yaitu pada biji buah tanaman ini mengandung racun bernama ricin.

Racun ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan, menganggu sistem peredaraan darah hingga berujung pada kematian. Jadi yang harus di waspadai adalah biji buah ini ya.

8. Tanaman Datura

Datura stramonium (Source : theplantattraction.com)
Tanaman ini sering dikenal dengan nama terompet setan karena cantik dan mematikan. Zat yang terkandung pada tanaman ini yaitu metil kristalin yang biasanya digunakan obat bius atau penghilang kesadaran.

dinegara barat seperti di india, tanaman ini digunakan untuk membius korban yang akan dijadikan persembahan pada dewa.Jika disalahgunakan bisa menyebabkan kematian.

9. Bunga Daffodil

Bunga Daffodil (Source : pinterest)
Bunga ini pada umumnya adalah tanaman hias. Bunga ini memiliki warna yang cantik dan berwarna kuning. Tetapi pada beberapa tempat ditemukan juga yang berwarna putih.

Tetapi bunga ini berbahaya karena mengandung racun. Jika mengonsumsinya akan menyebabkan diare dan jika dalam dosis yang banyak bisa menganggu irama jantung berujung pada kematian.

10. Bunga Aconitum Napellus

Bunga Aconitum Napellus (Source : amazon.com)
Bunga Aconitum termasuk salahsatu yang paling berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Sering dijuluki helm setan tidak sebanding dengan pesonanya yang cantik dan unik. Bunga ini mengandung racun tingtur, Sekitar 20-40 ml bisa mengakibatkan kematian pada manusia.

Untuk memetiknya saja harus mengunakan sarung tangan, karena racun toksin aconitine bisa menyerap melalui kulit. Efek mulai keracunan biasanya ditandai dengan rasa mual,muntah serta diare. Seterusnya akan menyebabkan mati rasa dan terbakar sekitar area wajah, mulut dan perut.
[next]
11. Tanaman Belladona

Tanaman Belladonna (Source : Bob Gibbons—FLPA)
Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang beracun. Biasanya ditemukan hidup Asia bagian Timur, Afrika Utara, dan Eropa. Alkaloid tropane adalah zat yang terkandung hampir pada seluruh batang tumbuhan ini. Pada bagian daunnya lebih mematikan daripada buah tanaman ini. Buah yang dihasilkan pada tanaman ini beruapa buah beri hitam yang berbahaya.

Efek yang terjadi oleh tanaman ini adalah sesak nafas, kehilangan kesadaran, halusinasi, sakit kepala dan gangguan jantung.

12.Tanaman Acokanthera

Tanaman Acokanthera (Source : Wikimedia Commons)
Jika anda pernah bertanya racun apa yang dipakai oleh suku afrika untuk memburu mangsanya, jawabannya adalah tanaman ini. Racun pada tanaman ini terdapat pada getahnya yang biasanya digunakan suku afrika dengan melumuri ujung panah mereka.

Hanya dalam satu menit sejak racun ditembakkan sudah bisa membunuh orang dewasa dalam sekejap. Sangat berbahaya ya teman-teman.

13. Tanaman Oleander

Nerium oleander (Source : Wikipedia)
Tanaman ini termasuk anggota perdu dan dikenal dengan nama bunga jepun atau bunga mentega. Bunga ini berasal dari Afrika utara, Mediterania dan asia tenggara. Bunga ini memili warna merah muda yang sangat cantik dan mirip dengan bunga kamboja.

Tetapi tanaman ini memiliki racun yang hampir terdapat diseluruh bagian tanaman ini. Yang berbahaya terdapat pada getahnya. Efek dari racun tanaman ini yaitu diare, sakit perut,mual, munta dan pandangan mata kabur. Untuk beberapa kasus langka getahnya bisa menyebabkan kematian pada manusia.

14. Bunga Lily

Bunga Lily (Source : Pinterest)
Bunga ini terkenal juga dengan nama bunga bakung. Biasanya bunga lily banyak ditemukan dinegara eropa, asia dan jepang. Memiliki bentuk dan warna yang cantik tidak membuat lily adalah bunga yang aman.

Pada bagian tertentu seperti daun dan bunga mengandung racun yang bisa membuat mulut dan tenggorokan terbakar jika terkonsumsi.

15.Tanaman Autumn Crocus

Tanaman Autumn Crocus (Source : tipdisease.com)
Tanaman ini sering dikenal dengan nama naked ladies. Hal ini dikarenakan bunga nya tumbuh lebih dahulu dari daunnya dibawah tanah.

senyawa colchicine yang terkandung pada tanaman ini sangat beracun dan berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit jantung dan hilangnya tekanan darah yang berujung pada kematian. Saat ini belum ditemukan obat untuk efek dari racun tanaman ini.
[next]
16. Lily Of The Valley

Lily Of The Valley (Source : bakker.com)
Bunga ini banyak ditemukan di wilayah Asia dan Eropa. Bentuk bunga lily of the valley menyerupai sederetan lonceng yang berbaris dan berwarna putih. Pada negara eropa, masyarakatnya menyakini bahwa bunga ini adalah simbol kesucian cinta, ketulusan dan kesetiaan.

Dibalik kecantikan dan keindahan bunga ini ternyata mengandung racun glikosida. Jika tidak sengaja mengonsumsinya akan mengalami ganguan percernaaan dan peredaraan darah. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematian.

17. Bunga Ranunculus

Bunga Ranunculus (Source : Reina Smith/Getty Images)
Pada umumnya orang yang melihat bunga ini akan menyebut nya langsung bunga mawar, tetapi salah. Bunga ini memiliki kemiripan hampir sama dengan mawar, yang membedakan adalah kelopak bunga ini lebih banyak. Bunga ini sering dikenal dengan nama buttercup dan spreadwort.

Tapi hati-hati dengan bunga ini karena mengandung racun yang membahayakan, ada banyak banyak yang mempercayai memakan kelopak bunga bisa membuat perasaan senang seketika. Jika anda mengonsumsi bunga ini dalam keadaan segar maka dijamin akan mengalami diare dan sakit perut hebat. Efek bahayanya adalah diare berdarah dan kerusakan sistem pencernaan.

Bunga ranunculus yang sudah kering dipercaya tidak mengandung racun dan memiliki khasiat untuk mengobati demam dan anti reumatik.

18. Bunga Hemlock

Bunga Hemlock (Source : wagwalking.com)
Bunga Hemlock merupakan bunga berukuran kecil namun sangat berbahaya. Bunga-bunga hemlock melingkar membentuk sebuah payung, pada bagian bawah batang jika dipatahkan akan mengeluarkan cairan coklat yang mematikan.

Tanaman ini biasanya ditemukan di daratan eropa dan amerika utara. Biasanya hidup pada lahan basah disepanjang sungai. Alkaloid coniine adalah zat berbahaya yang terkandung didalam tanaman ini, jika terkonsumsi bisa mengakibatkan kejang-kejang, napas cepat dan berujung pada kematian.


Tanaman pada dasarnya banyak yang bersifat aman dan ada beberapa yang tidak baik untuk manusia terutama untuk konsumsi. Tetapi alangkah bagusnya jika menghindari hal tersebut. 

Anak kecil kadang juga sering memetik dan memasukan tanaman maupun bunga diperkarangan kedalam mulut mereka. Jika hal itu terjadi ada baiknya untuk jenis tanaman berbahaya diatas dilakukan pencegahan dan jika terjadi segera ditangani oleh tim medis. 

Jika menurutmu ini penting, silahkan share dan beritahukan kepada teman-teman mu disekitar.

COMMENTS

Pilihan Pembaca$show=search$type=blogging$source=random$cate=2$count=3

Name

Animal,33,Humor,1,Nature,5,On Viral,11,Photography,8,Quotes,1,Top Popular,21,
ltr
item
Rumus hidup: Berbahaya!!! Beberapa Sebab Bagian Tanaman dan Bunga Hias ini harus dihindari
Berbahaya!!! Beberapa Sebab Bagian Tanaman dan Bunga Hias ini harus dihindari
https://1.bp.blogspot.com/-Y1yDer7WH9c/XrQeBiMtymI/AAAAAAAAAbk/pRvBk-zrhdoTmzylCwU-wvdP-Cp8UFdDwCLcBGAsYHQ/s1600/tanaman-berbahaya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Y1yDer7WH9c/XrQeBiMtymI/AAAAAAAAAbk/pRvBk-zrhdoTmzylCwU-wvdP-Cp8UFdDwCLcBGAsYHQ/s72-c/tanaman-berbahaya.jpg
Rumus hidup
https://www.rumushidup.com/2020/05/berbahaya-beberapa-sebab-bagian-tanaman.html
https://www.rumushidup.com/
https://www.rumushidup.com/
https://www.rumushidup.com/2020/05/berbahaya-beberapa-sebab-bagian-tanaman.html
true
7118103491461028884
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy